Implikasi Eskatologi

Pemahaman yang benar tentang eskatologi seperti bagaimana dunia akan di akhiri, kedatangan Kristus, kebangkitan tubuh serta realitasnya akan membuat kita tahan banting dalam kehidupan ini.

Oleh karenanya orang-orang seperti Paulus yang banyak mengalami penganiayaan dan penderitaan dalam hidup ini menganggap semua penderitaannya itu cuma ringan dan sementara karena dia memperhatikan apa yang tidak kelihatan (eskatologi).

Ada orang berkata mungkin kalau orang kristen modern sekarang mengalami satu hal penganiayaan atau penderitaan yang di alami Paulus, orang tersebut perlu di konseling selama 20 tahun :).

Kenapa banyak orang kristen begitu cengeng dan manja dalam kehidupan ini salah satunya adalah karena mereka tidak memiliki pemahaman eskatologi yang tepat dan hal itu tidak sungguh-sungguh menjadi pengharapan mereka.

Di saat seseorang memiliki doktrin eskatologi yang benar, implikasinya akan sangat besar. Eskatologi yang alkitabiah akan mendorong kita untuk hidup saleh, mempunyai hati misi, "kapalan" terhadap penderitaan, rela berbagi hidup, tidak takut mati dan banyak lagi lainya.

Para pakar Yahudi (mereka bukan kristen) yang mempelajari dan menyelidiki apa yang menjadi worldview orang-orang Yahudi di masa PL, masa intertestamental (masa diam), masa PB sampai abad ke 3. Mereka berkesimpulan bahwa orang-orang Yahudi, baik Yahudi di PL maupun Yahudi Kristen di PB memang mengharapkan sebuah akhir apokaliptik  bagi dunia ini.

Menurut John Harrigan apa yang dikatakan pakar orang Yahudi ini jauh lebih tepat (lebih alkitabiah dan otentik) dibandingkan apa yang kebanyakan yang dipercaya  sarjana alkitab injili yang umumnya mempunyai pandangan rancu tentang eksatologi alkitabiah atau tidak "in line" dengan apa yang di percaya para nabi di PL, para rasul di PB dan juga literatur-literatur orang-orang Yahudi dari masa PL sampai abad ke 3.

Semua orang Yahudi yang merupakan umat Allah pengharapan mereka adalah kebangkitan saat dunia ini di akhiri. Dan Karl Barth menurut saya tepat saat dia berkata bahwa "tujuan hidup manusia adalah bukan kematian tapi kebangkitan."

Karena kita akan di bangkitkan maka kita akan mengumpulkan harta di sorga. Karena kita akan dibangkitkan maka kita akan bermegah dalam penderitaan, karena kita akan dibangkitkan maka kita akan melakukan misi sampai Kristus datang kembali. Amin.


Comments

Popular posts from this blog

Masih Adakah Pewahyuan Sekarang Ini?

Sebuah Biografi Singkat Mengenai Kehidupan John Wesley

Pengertian Kelahiran Kembali (Regenerasi) dan Efek yang mengikutinya