Pengajaran yang membuat kita siap – John Harrigan

Dalam kehidupan nyata, mereka yang sudah menerima pengharapan kerajaan di dalam dunia sekarang ini tidak akan pernah rela kehilangan hidup mereka. Teologi dari “kemuliaan sekarang ini” akan selalu menjadi pembenaran untuk menolak segala sesuatu yang negatif dalam kehidupan ini. Berhubungan dengan ini kemartiran adalah tolak ukur suatu kebenaran teologi. Di hari-hari yang akan datang teologi yang menjanjikan kebangkitan dan kemakmuran pada saat ini akan di uji, dan akan di dapati teologi tersebut tidaklah benar.

Di sinilah terletak malapetaka teologi-teologi yang ada saat ini: Dalam waktu yang sangat diperlukan, menjelang penganiayaan global terhadap orang kristen, teologi tersebut telah merampok gereja dari pelatihan teologi yang sangat di perlukannya (teologi kemartiran). Prospek kemartiran adalah hal pertama yang di ajarkan gereja China (gereja bawah tanah) kepada murid-murid Kristus. Dan itu adalah masalah paling penting bagi gereja yang mengalami penganiayaan.

Takaran gereja sepanjang sejarah adalah bagaimana gereja tersebut menghasilkan para martir yang sejati dan setia. Kesaksian kristen adalah sebuah kesaksian martir dan gereja kristen adalah gereja martir. Kepada gereja ini Allah telah memberikan Roh Kudus (Kis 1:8). Tetapi mereka yang tidak mau menerima kemartiran sebagai kemungkinan yang nyata dari kehendak Allah dan pimpinan Allah atas hidup mereka,  tidak dapat menjadi murid Yesus (lihat Lukas 14: 27-33; Yohanes 12: 25-26), dan dengan demikian mereka bukan bagian dari gereja yang benar yang akan memperoleh hidup yang kekal.

Tidaklah penting jika kita berpikir kalau kita adalah orang kristen. Karena Yesus hanya menganggap seseorang murid-Nya jika seseorang tersebut rela kehilangan hidupnya untuk alasan yang sama seperti Dia “kehilangan” hidup-Nya. Menyelamatkan orang-orang dari murka yang akan datang dengan taruhannya nyawa kita adalah sesuatu yang layak. Yesus berkomitmen penuh untuk itu. Apakah kita demikian?   

Comments

Popular posts from this blog

Masih Adakah Pewahyuan Sekarang Ini?

Sebuah Biografi Singkat Mengenai Kehidupan John Wesley

Pengertian Kelahiran Kembali (Regenerasi) dan Efek yang mengikutinya