Doktrin - Kevin Vanhoozer

Orang yang lelah dengan doktrin adalah orang yang lelah dengan kehidupan, karena doktrin adalah bahan kehidupan. Doktrin kristen diperlukan untuk perkembangan manusia; hanya doktrin yang menunjukkan kepada kita siapa diri kita sebenarnya, mengapa kita berada disini, dan apa yang harus kita lakukan.

Stereotipe doktrin sebagai sesuatu yang kering dan berdebu memberikan kesan sebagai karikatur yang lemah terhadap hal yang sebenarnya, yang sebetulnya berani dan kuat.

Doktrin berhubungan dengan energi dan peristiwa yang sama nyata dan kuatnya dengan segala sesuatu yang di ketahui dalam kimia atau fisika, energi dan peristiwa yang memutarbalikkan dunia yang kita kenal, energi dan peristiwa yang kedalamnya kita dimasukkan sebagai peserta untuk memerankan bagian berbicara dan bertindak.....

Doktrin membantu gereja memahami dimana gereja telah "dilemparkan" dan peran apa yang harus dimainkan di sana....

Doktrin yang kuat - ajaran yang berkuasa - vital bagi kehidupan gereja dan karena itu bagi kehidupan dunia. Pernyataan ini hampir terdengar bukan sebagai sebuah kebenaran; tetapi di banyak tempat doktrin dianggap sebagai masalah.

Pada satu sisi, doktrin memecah belah, sebuah penghalang bagi kasih dan kesatuan; pada sisi lain, doktrin terlalu tampak hambar dan tidak relevan, tidak berhubungan langsung dengan kerumitan dan hal spesifik kehidupan sehari-hari. Sayangnya setiap tuduhan ini sedikit banyak ada benarnya. Tetapi kesalahannya bukan terletak pada doktrin yang benar, tetapi pada cara penanganan doktrin yang salah, dan kesalahpahaman terhadap natur dan tujuan doktrin.

‌Gambaran yang salah mengenai doktrin menjadikan kita tawanan. Maka, kita mulai menata panggung: doktrin yang benar menderita karena kebingungan naturnya, karena ketidaksepakatan menyangkut tempat otoritasnya, dan lebih penting dari itu, karena ketertawanannya oleh dikotomi yang menguras tenaga antara teori dan praktek.  

Comments

Popular posts from this blog

Masih Adakah Pewahyuan Sekarang Ini?

Sebuah Biografi Singkat Mengenai Kehidupan John Wesley

Pengertian Kelahiran Kembali (Regenerasi) dan Efek yang mengikutinya