Apakah anda sudah dilahirkan kembali? – J.C Ryle

Apakah anda sudah dilahirkan kembali ? ini adalah salah satu pertanyaan paling penting di dalam kehidupan ini. Yesus Kristus mengatakan ’’sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." (Yohanes 3 : 3)

Tidaklah cukup hanya mengatakan: ‘’saya adalah anggota gereja’’ ; ‘’saya kira saya adalah seorang kristen.’’ Ribuan orang yang mengaku kristen mengatakan itu tanpa memiliki sedikit pun tanda-tanda kelahiran kembali seperti yang dinyatakan di dalam kitab suci – banyak tanda-tanda kelahiran kembali tersebut dapat kita baca dalam suratan 1 Yohanes.


1. Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa (1 Yohanes 3 : 9) Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa (1 Yohanes 5 : 18)

Seseorang yang sudah dilahirkan kembali atau sudah di perbaharui oleh Roh Kudus, tidak akan terbiasa untuk berbuat dosa. Secara keseluruhan kecenderungan hati dan keinginannya tidak ingin lagi berbuat dosa. Dahulu sebelum dia dilahirkan kembali dia tidak pernah berpikir apakah tindakan yang dilakukannya itu adalah sebuah dosa atau tidak, dan dia tidak menyesal atau bersedih setelah dia melakukan sesuatu tindakan yang jahat. Tidak ada pertentangan antara dirinya dengan dosa ; mereka adalah teman. Tetapi seorang kristen yang sejati membenci dosa, menjauhi dosa, melawan dosa, dan menganggap dosa itu adalah sebuah kejahatan besar. Membenci kehadiran dosa yang begitu membebani, bersedih ketika dia jatuh karena pengaruh dosa dan dia benar-benar ingin dilepaskan dari dosa. Dosa tidak lagi menyenangkan dia, dia tidak bisa mengabaikan dosa lagi tanpa punya merasa bersalah setelah melakukannya ; dosa telah menjadi hal mengerikan yang sangat dia benci. Tapi bagaimanapun juga dia tidak bisa menghilangkan kehadiran dosa dalam dirinya.

Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa , maka kita menipu diri kita sendiri (1 Yohanes 1:8). Tapi seseorang yang telah dilahirkan kembali dapat berkata bahwa dia membenci dosa dan keinginan terbesar dalam hatinya adalah dia tidak ingin berbuat dosa sama sekali. Dia tidak dapat mencegah datangnya pikiran-pikiran buruk untuk masuk ke dalam pikirannya ataupun segala kekurangan, kelalaian dan kelemahannya yang dapat terlihat dari kata katanya maupun tindakannya. Dia tahu bahwa ‘’ sebab kita semua bersalah dalam banyak hal ’’ (Yakobus 3:2). Tapi dia dapat berkata dengan jujur di hadapan Tuhan bahwa hal-hal ini menyebabkan dia berduka dan bersedih dan natur baru yang didapatnya dari kelahiran kembali tidak menyetujui hal-hal ini.

Pembaca saya telah memberitahukan tanda-tanda ini kepada anda. apakah yang akan dikatakan rasul-rasul tentang anda? apakah anda sudah dilahirkan kembali?


2. Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah (1 Yohanes 5:1).

Seseorang yang sudah dilahirkan kembali atau sudah di perbaharui oleh Roh Kudus percaya bahwa Yesus Kristus adalah satu satunya Juruselamat yang dapat menyelamatkan jiwanya, bahwa Ia adalah pribadi ilahi yang ditunjuk oleh Allah Bapa untuk tujuan ini, dan di samping-Nya tidak ada Juruselamat sama sekali. di dalam dirinya dia tidak melihat apapun selain ketidaklayakannya. Tapi dia mempunyai keyakinan yang penuh di dalam Kristus dan percaya kepada-Nya, dia percaya bahwa semua dosa dosanya telah di ampuni. Dia percaya akan hal itu karena dia menerima karya Kristus yang sudah diselesaikan-Nya dengan kematian-Nya di kayu salib menyebabkan dia benar di hadapan Allah, dan dia sekarang dapat menghadapi kematian dan penghakiman tanpa rasa takut

Dia mungkin memiliki ketakutan dan keraguan. Dia kadang-kadang akan memberi tahu anda bahwa dia merasa seolah-olah tidak memiliki iman sama sekali. Tapi tanyakanlah kepada dia, apakah dia akan percaya pada apa pun, selain percaya kepada Kristus, dan dengarkanlah jawabannya. Tanyakanlah kepadanya apakah dia dapat menggantungkan harapannya untuk kehidupan kekal berdasarkan kebaikannya, apa yang dilakukannya, doa doanya, pelayanannya atau gerejanya. Tanyakanlah kepadanya apakah dia tidak akan bergantung kepada Kristus, dan malah menaruh kepercayaannya kepada hal-hal lain selain Kristus untuk jalan keselamatannya. Atas pertanyaan itu dia akan menjawab, meskipun dia merasa lemah dan buruk, dia tidak akan menukarkan Kristus dengan seisi dunia ini. atas pertanyaan itu- dia akan menjawab dia menemukan sesuatu yang sangat berharga di dalam Kristus, dia menemukan jiwanya nyaman di dalam Kristus yang mana dia tidak dapat mendapatkan itu di manapun juga dan dia harus melekat kepada-Nya.

Pembaca saya telah memberitahukan tanda-tanda ini kepada anda. apakah yang akan dikatakan rasul-rasul tentang anda? apakah anda sudah dilahirkan kembali?


3. Setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya. (1 Yohanes 2:29)

Seseorang yang telah dilahirkan kembali atau telah di perbaharui oleh Roh Kudus adalah seorang yang kudus. Dia berusaha untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah, dia akan melakukan hal-hal yang menyenangkan Allah dan menolak segala hal yang di benci Allah. tujuan dan keinginannya adalah untuk mengasihi Allah dengan segenap hati dan jiwanya dan dengan segenap akal budi dan kekuatannya dan juga mengasihi sesamanya manusia seperti dia mengasihi dirinya sendiri. keinginannya adalah untuk terus melihat Kristus sebagai teladan dan juga sebagai Juruselamatnya dan menunjukkan dirinya adalah sahabat kristus dengan melakukan apa yang Kristus perintahkan. Tidaklah ragu kalau dia tidak sempurna, tidak seorang pun yang dapat mengatakan hal itu terlebih dahulu selain dirinya sendiri. dia merintih atas beban dosa yang begitu membebaninya. Di mendapati adanya sebuah kuasa jahat yang bekerja di dalam dirinya yang terus menerus berperang melawan anugerah Allah dan berusaha menarik dia menjauh dari Allah.

Terlepas dari segala kekurangannya, secara keseluruhan dapat dikatakan dia memiliki kehidupan yang kudus – apa yang dia lakukan adalah kudus – perasaannya kudus – kebiasaannya kudus. Terlepas dari hidupnya yang kadang suka melenceng dan berbalik arah, seperti sebuah kapal yang melawan angin, secara keseluruhan hidupnya hanya mempunyai satu arah-hanya terarah kepada Allah dan untuk Allah. Meskipun kadang dia mungkin suka merasa gagal dalam kehidupan kristennya sampai-sampai dia bertanya kepada dirinya sendiri apakah dia seorang kristen, di saat dia tenang dia bisa merenungkan dan mampu berkata bersama John Newton yang sudah tua. ‘’ saya tidak seperti sebagaimana saya seharusnya, saya tidak menjadi seperti yang saya inginkan, saya tidak seperti yang saya harapkan di dunia yang lain-tapi bagai manapun saya tidak saya seperti saya yang dahulu dan oleh anugerah Allah saya adalah sebagaimana adanya saya.’’


4. Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita ’’. (1 Yohanes 3:14)

Seseorang yang telah dilahirkan kembali mempunyai kasih untuk semua murid-murid Kristus yang sejati. Seperti Bapanya di surga, dia mengasihi setiap orang dengan kasih sejati – tapi dia mempunyai sebuah kasih sejati yang khusus bagi orang yang mempunyai satu pikiran dengan dirinya. Seperti Tuhan dan Juruselamatnya, dia mengasihi orang berdosa yang paling buruk dan dapat menangis buat mereka-tapi dia memiliki sebuah kasih yang khusus bagi mereka orang-orang percaya yang sama sepertinya. Dia tidak pernah begitu merasa seperti di rumahnya sendiri selain pada saat dia berada di tengah orang-orang percaya ini. dia tidak pernah merasa sebegitu bahagia selain saat dia berada di tengah-tengah orang-orang kudus.

Banyak orang mungkin menghargai kepintaran, kesepahaman, kekayaan, atau status - di tengah-tengah pergaulan mereka. Tapi seorang yang telah diperbaharui oleh Roh Kudus akan menghargai anugerah. Mereka yang menerima anugerah dan mereka yang seperti Kristus adalah yang paling dia kasihi. Dia merasa mereka berasal dari sebuah keluarga yang sama seperti dirinya, mereka adalah saudara saudaranya, anak-anak dari Bapa yang sama. Dia merasa bahwa mereka adalah teman seperjuangannya yang sama-sama bertempur di bawah pimpinan yang sama. Dia merasa bahwa mereka adalah teman seperjalanannya, yang sedang mengarungi perjalanan iman yang sama, mengalami pencobaan dan kesulitan yang sama, dan sebentar lagi mereka akan tenang bersamanya di kediaman abadi yang sama. Dia mengerti mereka, dan mereka mengerti dia. Ada semacam persaudaraan secara rohani di antara mereka. dia dan mereka mungkin banyak berbeda dalam banyak hal – seperti status, kedudukan, kekayaan. Tapi apakah itu sebuah masalah ? mereka adalah orang orang-Nya Yesus Kristus. Mereka adalah putra dan putri Bapanya, oleh karena itu dia tidak dapat berhenti untuk mengasihi mereka.

Pembaca saya telah memberitahukan tanda-tanda ini kepada anda. apakah yang akan dikatakan rasul-rasul tentang anda? apakah anda sudah dilahirkan kembali?


5. sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia (1 Yohanes 4:5)

Seseorang yang telah lahir baru tidak membuat opini dunia ini sebagai penentu, apakah tindakan yang dilakukannya itu benar atau salah. Dia melawan arus dunia ini, pendapat-pendapatnya dan kebiasaan kebiasaannya. Apa yang orang katakan ? tidak lagi menjadi masalah buat dia. Dia tidak lagi mengasihi dunia ini. Dia tidak lagi menemukan kesenangan yang menurut orang-orang di sekitar dia adalah sebuah kebahagiaan. Dia tidak dapat lagi menikmati kesenangan-kesenangan mereka – apa yang disebut kesenangan-kesenangan itu cuma membuatnya lelah ; kesenangan-kesenangan itu adalah sia - sia bagi dia, tidak menguntungkan dan tidak mempunyai nilai yang kekal. Dia mengalahkan rasa takut akan dunia ini. Dia puas melakukan hal-hal yang menurutnya penting tapi menurut orang sekelilingnya itu adalah tidak perlu. Kalaupun mereka menemukan kesalahan di dalam dirinya, itu tidak masalah baginya. Mereka mengejeknya – tapi dia tetap tidak bergeming. Dia lebih menyukai pujian dari Allah dari pada pujian dari manusia. Dia lebih takut kepada Allah daripada takut kepada manusia.

Dia telah menghitung harganya. Dia telah menetapkan pendiriannya. Adalah hal kecil baginya sekarang apakah dia disalahkan atau dia dipuji. matanya tertuju kepada Dia yang tidak kelihatan. Dia memutuskan untuk mengikuti Yesus ke mana pun. Apabila memang diperlukan dalam mengikut Yesus ini berarti harus keluar dari dunia ini dan dipisahkan, seseorang yang telah lahir baru ini tidak akan menolak untuk melakukan apa yang diperlukan, cara pandangnya bukanlah cara pandang orang secara umumnya lagi dan itu akan membuatnya menjadi sendirian dan aneh – anda tidak dapat mengguncangkannya. Dia bukan lagi budak dunia ini. Menyenangkan dunia bukan tujuannya lagi. tujuan utama dia sekarang adalah menyenangkan Allah.

Pembaca saya telah memberitahukan tanda-tanda ini kepada anda. apakah yang akan dikatakan rasul-rasul tentang anda? apakah anda sudah dilahirkan kembali?


6. Tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya (1 Yohanes 5:18)

Seseorang yang telah dilahirkan kembali sangat berhati hati dengan jiwanya sendiri. dia tidak hanya berusaha untuk tetap tidak melakukan dosa- tapi juga menjaga dirinya dari segala sesuatu yang mana bisa mempengaruhinya untuk berbuat dosa. Dia berhati hati dengan siapa dia bergaul. Dia merasa bahwa pembicaraan yang jahat akan merusak hatinya, dan yang jahat adalah lebih menarik daripada yang baik. Sama halnya seperti penyakit lebih menular daripada kesehatan. Dia berhati hati dalam mempergunakan waktunya- keinginan utamanya adalah menghabiskan waktunya dengan berguna atau bermanfaat. Dia berhati hati tentang buku apa yang akan dia baca-dia takut pikirannya akan diracuni oleh tulisan-tulisan yang jahat. Dia berhati hati dengan persahabatan yang dia ingin jalani-tidaklah cukup bagi dia bahwa orang-orang itu sopan, ramah, baik hati-semuanya ini adalah baik-tapi apakah mereka akan berguna bagi jiwanya?

Dia berhati-hati atas kebiasaannya sehari-hari dan perilakunya - dia mencoba untuk selalu mengingat bahwa hatinya selalu menipu, dan bahwa dunia ini penuh dengan kejahatan, bahwa iblis selalu bekerja untuk menyakitinya, dan karena itu ia sungguh-sungguh menjaga dirinya sendiri. Dia ingin hidup seperti seorang prajurit yang hidup di negeri musuh, mengenakan persenjataannya secara terus menerus, dan selalu siap untuk pencobaan. Oleh pengalamannya dia tahu bahwa jiwanya selalu dalam bahaya dan oleh karena itu dia belajar untuk waspada, rendah hati dan menjadi orang yang selalu berdoa.

Pembaca saya telah memberitahukan tanda-tanda ini kepada anda. apakah yang akan dikatakan rasul-rasul tentang anda? apakah anda sudah dilahirkan kembali?



Ini adalah tanda-tanda paling jelas dari seorang kristen yang telah dilahirkan kembali

Ada sebuah perbedaan besar bagaimana tanda-tanda ini dapat terlihat dalam banyak orang. Di beberapa orang tanda-tanda ini terlihat secara samar-samar dan sangat sulit untuk di lihat. Di beberapa orang lainnya tanda-tanda ini terlihat sangat jelas dan tidak diragukan keberadaannya, jadi siapapun dapat melihat tanda-tanda ini dalam kehidupan mereka. beberapa dari tanda-tanda ini mungkin terlihat lebih jelas daripada tanda-tanda yang lain di setiap orang. Jarang semuanya dapat di kenali dengan jelasnya pada setiap orang.

Tapi tetap, bagaimanapun kita mencoba untuk menurunkan standar kelahiran kembali, kita tidak dapat menyangkal bahwa ke enam tanda di atas adalah tanda-tanda kelahiran kembali yang benar.

Bagaimanakah kita menyikapi hal-hal ini ? secara logika kita dapat mengambil kesimpulan- mereka yang telah lahir baru adalah mereka yang memiliki ke enam tanda ini, dan mereka yang tidak memiliki ke enam tanda ini belum mengalami kelahiran baru. Dan ini sepertinya adalah kesimpulan yang mana Rasul-rasul ingin supaya kita memahaminya. Apakah anda mempunyai ke enam tanda-tanda ini? apakah anda sudah dilahirkan kembali ?


Note : sumber internet (di terjemahkan dengan bebas agar lebih mudah memahaminya)

Comments

Popular posts from this blog

Masih Adakah Pewahyuan Sekarang Ini?

Sebuah Biografi Singkat Mengenai Kehidupan John Wesley

Pengertian Kelahiran Kembali (Regenerasi) dan Efek yang mengikutinya