Tanda tanda Kristen yang suam suam kuku – Francis Chan

1. Orang orang yang suam suam kuku datang ke gereja secara teratur. Karena mereka merasa setiap orang kristen yang baik pasti pergi ke gereja, maka mereka pergi ke gereja juga (Yesaya 29 : 13)

2. Orang orang yang suam suam kuku memberikan uang mereka untuk amal dan gereja.. selama hal itu tidak mempengaruhi standar hidup mereka. jika mereka mempunyai uang lebih (dalam catatan ini tidak mempengaruhi gaya hidup & tabungan mereka) mereka akan memberinya dengan sukacita. dan bukankah Tuhan menyukai orang yang memberi dengan suka cita ? (1 Tawarikh 21 : 24 ; Lukas 21 : 1-4)

3. Orang orang yang suam suam kuku akan memilih ‘’apa yang apa yang benar menurut orang banyak’’ ketika mereka berada di dalam konflik. Mereka ingin diterima di baik di dalam gereja maupun di luar gereja ; mereka lebih peduli apa yang orang pikirkan tentang perbuatan mereka (seperti menghadiri gereja dan memberikan persembahan) daripada apa yang Tuhan pikirkan tentang hati dan hidup mereka (Lukas 6 : 26 ; Wahyu 3 : 1 ; Matius 23 : 5 -7)

4. Orang orang yang suam suam kuku sebenarnya tidak ingin diselamatkan dari dosa mereka ; mereka hanya ingin selamat dari hukuman atas dosa yang mereka lakukan. Mereka sebenarnya tidak membenci dosa dan tidak sungguh menyesal atas dosa dosa mereka ; mereka minta maaf kepada Tuhan hanya karena Tuhan akan menghukum mereka. orang orang yang suam suam kuku sebenarnya tidak percaya bahwa kehidupan baru ini yang Yesus tawarkan jauh lebih baik dari kehidupan lama mereka yang berdosa (Yohanes 10 : 10 ; Roma 6 : 1-2)

5. Orang orang yang suam suam kuku akan tergerak hatinya ketika mereka mendengar kisah kisah tentang orang orang yang melakukan hal hal yang radikal bagi Kristus, tapi mereka sendiri tidak mau melakukan hal hal radikal tersebut. Mereka merasa hal hal tersebut hanya buat ‘’orang orang kristen yang extreme’’ tapi bukan buat orang orang kristen yang biasa. Apa yang Yesus harapkan agar dilakukan oleh semua pengikutNya pasti disebut radikal oleh orang orang yang suam suam kuku (Yakobus 1 : 22 ; Matius 21 : 28 -31)

6. Orang orang yang suam suam kuku jarang sekali bersaksi tentang iman mereka kepada tetangga tetangga mereka, teman teman kerja mereka ataupun teman teman mereka. mereka tidak ingin di tolak, dan mereka tidak ingin membuat orang orang lain tidak nyaman dengan membicarakan sesuatu hal yang privasi seperti agama (Matius 10 : 32 – 33)

7. Orang orang suam suam kuku mengukur moral ataupun kebaikan mereka dengan standar orang orang dunia yang sekuler. mereka merasa puas saat mengetahui bahwa mereka tidak hard-cord untuk Yesus seperti orang orang lain yang mereka tahu. dan mereka tidak lebih buruk daripada seseorang yang sedang tergeletak di jalan (Lukas 18 – 11 -12)

8. Orang orang yang suam suam kuku mengatakan mereka cinta Yesus dan Dia adalah memang sebuah bagian dari hidup mereka. tapi hanya sebuah bagian. Mereka hanya memberi Dia sebagian waktu mereka, uang mereka dan pikiran mereka tapi Dia tidak di perbolehkan untuk menguasai seluruh kehidupan mereka (Lukas 9 : 57-62)

9. Orang orang yang suam suam kuku mengasihi Tuhan, tapi mereka tidak mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan kekuatan mereka. mereka akan dengan cepat meyakinkan anda bahwa mereka sedang berusaha mengasihi Tuhan dengan sungguh sungguh, tapi pengabdian yang penuh dengan totalitas tidaklah mungkin bagi orang orang kristen biasa ; itu hanya untuk pendeta pendeta, misionaris dan kristen kristen yang radikal. (Matius 22 : 37-38)

10. Orang orang yang suam suam kuku akan mengasihi orang lain tapi mereka tidak akan berusaha untuk mengasihi orang lain seperti mereka mengasihi diri mereka sendiri. Mereka hanya mengasihi orang lain yang mereka pikir akan mengasihi mereka juga, seperti keluarga, teman teman dan orang orang lain yang mereka tahu dan berhubungan dengan mereka. hanya ada sedikit kasih yang tersisa untuk mereka yang tidak dapat mengasihi mereka kembali. Apalagi bagi yang sengaja meremehkan mereka, yang anak anaknya lebih berprestasi daripada anak anak mereka atau dengan orang lain yang mereka merasa canggung dan tidak nyaman saat berbicara (Matius 5 : 43-47) ; Lukas 14 : 12 -14)

11. Orang orang yang suam suam kuku akan melayani Tuhan dan orang lain, tapi mereka akan membatasi sampai sejauh mana mereka akan berkorban, atas waktu, uang dan tenaga mereka (Lukas 18 : 21 -25)

12. Orang orang yagn suam suam kuku akan lebih banyak memikirkan kehidupan di dunia ini daripada memikirkan kehidupan yang kekal di surga. Kegiatan sehari hari mereka akan tertuju apa apa yang akan dilakukan hari ini, jadwal minggu ini dan liburan bulan depan. Jika pernah memikirkan kehidupan yang akan datang, itu pun pasti jarang sekali. tentang hal ini C.S Lewis menulis : Jika anda membaca sejarah anda akan menemukan bahwa orang orang kristen yang paling banyak berbuat sesuatu bagi Tuhan di dunia sekarang ini, justru orang orang kristen paling banyak berpikir tentang dunia yang akan datang. Dikarenakan orang orang kristen mulai berhenti memikirkan dunia yang akan datang ini maka mereka menjadi tidak begitu efektif di dunia ini.(Filpi 3 : 18-20 ; Kolose 3 :2)

13. Orang orang yang suam suam kuku akan bersyukur untuk kemewahan dan kenyamanan mereka, tapi mereka jarang mempertimbangkan untuk memberi sebanyak mungkin kepada orang miskin. Mereka akan dengan cepat mengatakan bahwa Yesus tidak pernah mengatakan bahwa uang adalah akar segala kejahatan, tapi cinta akan uanglah akar segala kejahatan. Tapi tidak terhitung jumlah orang orang yang suam suam kuku yang merasa terpanggil untuk melayani orang orang kaya, tapi hanya sedikit sekali yang merasa terpanggil untuk melayani orang orang miskin (Matius 25 : 34,40 ; Yesaya 58 : 6-7)

14. Orang orang yang suam suam kuku akan melakukan apapun yang diperlukan untuk menjauhi mereka dari rasa bersalah. Mereka ingin melakukan sesuatu seminimal mungkin, menjadi baik tanpa banyak pengorbanan dari mereka. mereka akan bertanya, sampai batas apa hal yang saya lakukan dapat di katakan sebagai sebuah dosa ? daripada ‘’bagaimana saya bisa menjaga diri saya agar tetap murni sebagai bait Roh Kudus ? mereka akan bertanya ‘’berapa banyak yang harus saya berikan ?’’ daripada bertanya berapa banyak yang saya bisa berikan ?’’mereka akan bertanya’’berapa lama saya harus berdoa dan membaca alkitab saya ?’’ daripada berkata oh andaikata saya tidak harus pergi kerja, saya dapat lebih banyak berdoa dan membaca alkitab saya lebih lama (1 Tawarikh 29 : 14 ; Matius 13 : 44 - 46)

15. Orang orang yang suam suam kuku akan terus bermain aman (tidak mau ambil resiko), mereka adalah budak dari ‘’ilah kontrol’’. Karena tujuan mereka yang mau ‘’hidup aman’’ ini akan terus menjauhkan diri mereka untuk berkorban dan meresikokan hidup mereka bagi Tuhan (1 Timotius 6 : 17-18 ; Matius 10 : 28)

16. Orang orang yang suam suam kuku merasa aman karena mereka menghadiri gereja, membuat pengakuan iman saat berumur 12 tahun, di baptis dan berasal dari keluarga kristen. Seperti para nabi di perjanjian lama yang memperingatkan israel bahwa mereka tidak aman hanya karena mereka tinggal di tanah israel, begitu juga kita tidak aman hanya karena kita mengenakan label kristen atau karena beberapa orang terus menyebut kita sebagai negara kristen.(Matius 7 : 21 ; Amos 6 :1)

17. Orang orang yang suam suam kuku tidak hidup oleh iman ; hidup mereka telah mereka atur dengan baik (terstruktur). Mereka tidak harus menaruh kepercayaan mereka kepada Tuhan jika sesuatu yang tidak diharapkan terjadi - karena mereka sudah mempunyai simpanan atau tabungan jika hal itu terjadi. Mereka tidak membutuhkan Tuhan untuk menolong mereka – karena mereka sudah punya rencana buat masa pensiun mereka. mereka tidak sungguh sungguh mencari kehendak Tuhan bagi hidup mereka – karena mereka sudah memikirkan dan menetapkannya sendiri. mereka tidak bergantung kepada Tuhan setiap harinya karena kulkas mereka sudah penuh dan kebanyakan mereka mempunyai kesehatan yang baik. Kebenarannya adalah hidup mereka tidak akan jauh berbeda jika mereka tiba tiba berhenti untuk mempercayai Tuhan (Lukas 12 : 16 -21; Ibrani 11)

18. Orang orang yang suam suam kuku mungkin tidak minum minum dan mengutuk seperti kebanyakan orang pada umumnya, tapi di samping itu mereka sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan kebanyakan orang orang yang tidak percaya lainnya yang mempunyai moral lumayan baik. Mereka menyamakan hidup mereka yang sebagian bersih ini dengan kekudusan, dan ini kesalahan yang sangat fatal (Matius 23 : 25 – 28)


Terjemahan bebas dari : ‘’Are you lukewarm ? - Francis Chan’’ (di edit seperlunya)

Comments

Popular posts from this blog

Masih Adakah Pewahyuan Sekarang Ini?

Sebuah Biografi Singkat Mengenai Kehidupan John Wesley

Pengertian Kelahiran Kembali (Regenerasi) dan Efek yang mengikutinya